PCPM Delanggu edukasi kader dengan training PPGD untuk awam

Delanggu- Untuk meningkatkan kualitas kader Pemuda Muhammadiyah dan Nasiyatul Aisyiyah, PCPM Delanggu menyelenggrakan training Penanggulangan Penderita Gawat Darurat (PPGD) untuk awam bersama Tim DMC RSU PKU Muhammadiyah Delanggu, Ahad (24/3/2024) di Aula SMK Muhammadiyah Delanggu sekaligus buka bersama dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan.

Hadir sebagai narasumber sekaligus trainer adalah dr. Rendra Perwira, Sp.An dan mas Muhammad Edy, S.kep dari RSU PKU Muhammadiyah Delanggu.

Pertolongan Pertama Pada Kegawatdaruratan (PPGD) merupakan pertolongan pertama yang mencakup usaha-usaha pertama yang dapat dilakukan pada kondisi gawat darurat dalam rangka menyelamatkan korban dari kematian, sebelum mendapat pertolongan yang lebih lanjut oleh dokter atau petugas kesehatan lainnya.

Kegiatan training ini membahas sekaligus praktek bagaimana penanganan kondisi gawat darurat sebelum kerumah sakit. Beberapa kali narasumber memberi contoh simulasi penanganan gawat darurat kepada korban gangguan pernapasan, pendarahan, patah tulang, dan simulasi cek nadi korban terutama untuk masyarakat awam khususnya untuk kader Pemuda Muhammadiyah Delanggu.

”Kegiatan ini dapat memberikan edukasi kepada teman-teman Pemuda Muhamamdiyah tentang penanganan serta langkah antisipasi dan kesiap siagaan apabila menghadapi situasi serta kondisi baik itu bencana maupun kecelakaan.” Jelas Imam Ahmad Nasiruddin selaku Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Delanggu.

Acara training PPGD tersebut ditutup dengan kegiatan buka bersama di Masjid SMK Muhammdiyah Delanggu dan sholat Maghrib berjamaah.

Pewarta: Arya

Foto: As’ad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Malam Lailatul Qadar
Next post Zakat Fitri