Pengajian dan Rakor MPKSDI bersama lintas majelis dan lembaga

Delanggu– Pimpinan Cabang Muhammadiyah Delanggu melalui Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani (MPKSDI) menggelar pengajian lintas majelis dan lembaga dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 1445H sekaligus Rapat Koordinasi antara MPKSDI dan Majelis serta Lembaga di lingkungan PCM Delanggu. Pengajian Ramadhan dan Rakor digelar di Aula SMA Muhammadiyah Delanggu, Jumat (29/3/2024).

Kegiatan diawali sambutan ketua MPKSDI PCM Delanggu dilanjutkan dengan sambutan ketua yang membidangi yakni Muh. Chotib.

Dalam sambutannya Muh. Chotib menjelaskan ada empat potensi yang dimiliki dalam pembinaan kader Muhammadiyah, diantaranya Pimpinan struktural pusat hingga ranting, Potensi kader pada lingkungan keluarga, Kader di Ortom, Potensi kader pada AUM/ pembinaan kader di AUM.

Muh. Chotib juga mengutip ayat Al Quran pada surat Al Fath ayat 29 yang berbunyi:

مُّحَمَّدٌ رَّسُولُ ٱللَّهِ ۚ وَٱلَّذِينَ مَعَهُۥٓ أَشِدَّآءُ عَلَى ٱلْكُفَّارِ رُحَمَآءُ بَيْنَهُمْ ۖ تَرَىٰهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَبْتَغُونَ فَضْلًا مِّنَ ٱللَّهِ وَرِضْوَٰنًا ۖ سِيمَاهُمْ فِى وُجُوهِهِم مِّنْ أَثَرِ ٱلسُّجُودِ ۚ ذَٰلِكَ مَثَلُهُمْ فِى ٱلتَّوْرَىٰةِ ۚ وَمَثَلُهُمْ فِى ٱلْإِنجِيلِ كَزَرْعٍ أَخْرَجَ شَطْـَٔهُۥ فَـَٔازَرَهُۥ فَٱسْتَغْلَظَ فَٱسْتَوَىٰ عَلَىٰ سُوقِهِۦ يُعْجِبُ ٱلزُّرَّاعَ لِيَغِيظَ بِهِمُ ٱلْكُفَّارَ ۗ وَعَدَ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا

Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu lihat mereka ruku’ dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar.

Al Fath ayat 29 

“Saya mengilustrasikan bahwa Kader itu gambarannya seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya. Tumbuh itu dengan kuat dan menjadi besar, tegak pada pokoknya/ batang. Kader sebuah proses yang panjang mulai dari benih, Istiqomah terus menerus menjadi besar dan kuat.” Terang Chotib.

Sementara itu Dewa Dimas selaku narasumber dalam pengajian tersebut menjelaskan akan melakukan pedataan sevara digital kader-kader di AUM baik pendidikan maupin kesehatan. Pendataan tersebut akan ditindaklajuti dengan meningkatkan kualitas perkaderan dalam segala aspek, meliputi materi, pengelolaan, metode, strategi, dan orientasi perkaderan agar lebih relevan dan kompatibel dengan kepentingan dan kebutuhan para kader.

Pewarta: Rizal

Foto: Yusuf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Pondok Ramadhan KB TK Permata Hati Kids School